Sabtu, 12 November 2011

NILAI NILAI KARAKTER DAN IMPLIKASINYA

KETERKAITAN NILAI, JENJANG KELAS DAN INDIKATOR

NILAI

INDIKATOR

Religius:

Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

Mensyukuri keunggulan manusia sebagai makhluk pencipta dan penguasa dibandingkan makhluk lain

Bersyukur kepada Tuhan karena menjadi warga bangsa Indonesia.

Merasakan kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai keteraturan di alam semesta.

Merasakan kebesaran Tuhan dengan keberagaman agama yang ada di dunia.

Mengagumi kebesaran Tuhan melalui berbagai pokok bahasan dalam berbagai mata pelajaran.

NILAI

INDIKATOR

Jujur:

Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

Menyebutkan secara tegas keunggulan dan kelemahan suatu pokok bahasan.

Mau bercerita tentang permasalahan dirinya dalam menerima pendapat temannya.

Mengemukakan pendapat tentang sesuatu sesuai dengan yang diyakininya.

Membayar barang yang dibeli dengan jujur.

Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan di tempat umum.

NILAI

INDIKATOR

Toleransi:

Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya

Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.

Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis

Mau mendengarkan pendapat yang dikemukakan teman tentang budayanya.

Mau menerima pendapat yang berbeda dari teman sekelas.

NILAI

INDIKATOR

Disiplin:

Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

Tertib dalam menerapkan kaidah-kaidah tata tulis dalam sebuah tulisan.

Menaati peosedur kerja laboratorium dan prosedur pengamatan permasalahan sosial.

Mematuhi jadwal belajar yang telah ditetapkan sendiri.

Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya tulis ilmiah.

NILAI

INDIKATOR

Kerja keras:

Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.

Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas.

Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber.

NILAI

INDIKATOR

Kreatif:

Berpikir dan melakukan sesuatu yang menghasilkan cara atau hasil baru dari yang telah dimiliki.

Mengajukan suatu pikiran baru tentang suatu pokok bahasan.

Menerapkan hukum/teori/prinsip yang sedang dipelajari dalam aspek kehidupan masyarakat.

NILAI

INDIKATOR

Mandiri:

Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

Mencari sumber di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan.

Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya.

NILAI

INDIKATOR

Demokratis:

Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

Membiasakan diri bermusyawarah dengan teman-teman.

Menerima kekalahan dalam pemilihan dengan ikhlas.

Mengemukakan pendapat tentang teman yang menjadi pemimpinnya.

Memberi kesempatan kepada teman yang menjadi pemimpinnya untuk bekerja.

NILAI

INDIKATOR

Rasa ingin tahu:

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar

Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

Membaca atau mendiskusikan gejala alam yang baru terjadi.

Membaca atau mendiskusikan beberapa peristiwa alam, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan teknologi yang baru didengar.

NILAI

INDIKATOR

Semangat kebangsaan:

Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

Turut serta dalam panitia peringatan hari pahlawan dan proklamasi kemerdekaan.

Mengemukakan pikiran dan sikap terhadap pertentangan antara bangsa Indonesia dengan negara lain.

Mengemukakan sikap dan tindakan mengenai hubungan Indonesia dengan negara-negara lain dalam masalah politik, ekonomi, sosial, dan budaya.


NILAI

INDIKATOR

Cinta tanah air:

Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

Mengemukakan sikap mengenai kondisi geografis Indonesia.

Mengemukakan sikap dan kepedulian terhadap keberagaman budaya dan seni di Indonesia.

Mengemukakan sikap dan kepedulian terhadap kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Rasa bangga dan peduli terhadap berbagai unggulan produk Indonesia dalam pertanian, perikanan, flora, dan fauna.

Rasa bangga atas berbagai produk unggulan bangsa Indonesia di bidang industri dan teknologi.

NILAI

INDIKATOR

Menghargai prestasi:

Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.

Rajin belajar untuk berprestasi tinggi.

Berlatih keras untuk menjadi pemenang dalam berbagai kegiatan olah raga dan kesenian di sekolah.

Menghargai kerja keras guru, kepala sekolah, dan personalia lainnya.

Menghargai upaya orangtua untuk mengembangkan berbagai potensi dirinya melalui pendidikan dan kegiatan lain.

Menghargai hasil kerja pemimpin dalam mensejahteraan kesejahteraan masyarakat dan bangsa.

Menghargai temuan-temuan yang telah dihasilkan manusia dalam bidang ilmu, teknologi, sosial, budaya, dan seni.

NILAI

INDIKATOR

Bersahabat/ komunikatif:

Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain

Memberikan pendapat dalam kerja kelompok di kelas.

Memberi dan mendengarkan pendapat dalam diskusi kelas.

Aktif dalam kegiatan sosial dan budaya kelas.

Aktif dalam kegiatan organisasi di sekolah.

Aktif dalam kegiatan sosial dan budaya sekolah.

Berbicara dengan guru, kepala sekolah, dan personalia sekolah lainnya.

NILAI

INDIKATOR

Cinta damai:

Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.

Ikut serta dalam berbagai kegiatan cinta damai.

Berkomunikasi dengan teman-teman setanah air.

Ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan sekolah.

NILAI

INDIKATOR

Gemar membaca:

Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

Membaca buku atau tulisan keilmuan, sastra, seni, budaya, teknologi, dan humaniora.

Membaca buku atau tulisan tentang alam, sosial, budaya, seni, dan teknologi.

Membaca koran.


NILAI

INDIKATOR

Peduli sosial:

Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

Merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan sosial.

Menghormati petugas-petugas sekolah.

Membantu teman yang sedang memerlukan bantuan.

Menyumbang darah.


NILAI

INDIKATOR

Peduli lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan.

NILAI

INDIKATOR

Tanggung jawab

Sikap dan tindakan yang dilakukan selalu berupaya untuk dapat dipergunakan dan dapat dipertanggungjawabkan

Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat dipertanggungjawabkan serta bermanfaat

Siklus Belajar:

1. Tahap Eksplorasi: siswa diberikan kesempatan untuk bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil tanpa pengajaran langsung dari guru untuk menguji prediksi, melakukan dan mencatat pengamatan serta ide-ide melalui kegiatan pratikun dan telaah literature

2. Tahap Elaborasi: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dalam /tentang topic/materi yang dipelajari

3. Konfirmasi: siswa mendapat penguatan dari berbagai sumber sehingga siswa tahu mana yang benar/salah dan dapat membuat kesimpulan akhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar