KETERKAITAN NILAI, JENJANG KELAS DAN INDIKATOR
NILAI | INDIKATOR |
Religius: Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. | Mensyukuri keunggulan manusia sebagai makhluk pencipta dan penguasa dibandingkan makhluk lain |
Bersyukur kepada Tuhan karena menjadi warga bangsa Indonesia. | |
Merasakan kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai keteraturan di alam semesta. | |
Merasakan kebesaran Tuhan dengan keberagaman agama yang ada di dunia. | |
Mengagumi kebesaran Tuhan melalui berbagai pokok bahasan dalam berbagai mata pelajaran. |
NILAI | INDIKATOR |
Jujur: Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. | Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah. |
Menyebutkan secara tegas keunggulan dan kelemahan suatu pokok bahasan. | |
Mau bercerita tentang permasalahan dirinya dalam menerima pendapat temannya. | |
Mengemukakan pendapat tentang sesuatu sesuai dengan yang diyakininya. | |
Membayar barang yang dibeli dengan jujur. | |
Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan di tempat umum. |
NILAI | INDIKATOR |
Toleransi: Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya | Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat. |
Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis | |
Mau mendengarkan pendapat yang dikemukakan teman tentang budayanya. | |
Mau menerima pendapat yang berbeda dari teman sekelas. |
NILAI | INDIKATOR |
Disiplin: Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. | Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas. |
Tertib dalam menerapkan kaidah-kaidah tata tulis dalam sebuah tulisan. | |
Menaati peosedur kerja laboratorium dan prosedur pengamatan permasalahan sosial. | |
Mematuhi jadwal belajar yang telah ditetapkan sendiri. | |
Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya tulis ilmiah. |
NILAI | INDIKATOR |
Kerja keras: Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. | Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi. |
Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas. | |
Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber. |
NILAI | INDIKATOR |
Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu yang menghasilkan cara atau hasil baru dari yang telah dimiliki. | Mengajukan suatu pikiran baru tentang suatu pokok bahasan. |
Menerapkan hukum/teori/prinsip yang sedang dipelajari dalam aspek kehidupan masyarakat. |
NILAI | INDIKATOR |
Mandiri: Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. | Mencari sumber di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan. |
Menerjemahkan sendiri kalimat bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya. |
NILAI | INDIKATOR |
Demokratis: Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. | Membiasakan diri bermusyawarah dengan teman-teman. |
Menerima kekalahan dalam pemilihan dengan ikhlas. | |
Mengemukakan pendapat tentang teman yang menjadi pemimpinnya. | |
Memberi kesempatan kepada teman yang menjadi pemimpinnya untuk bekerja. |
NILAI | INDIKATOR |
Rasa ingin tahu: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar | Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran. |
Membaca atau mendiskusikan gejala alam yang baru terjadi. | |
Membaca atau mendiskusikan beberapa peristiwa alam, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan teknologi yang baru didengar. |
NILAI | INDIKATOR |
Semangat kebangsaan: Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. | Turut serta dalam panitia peringatan hari pahlawan dan proklamasi kemerdekaan. |
Mengemukakan pikiran dan sikap terhadap pertentangan antara bangsa Indonesia dengan negara lain. | |
Mengemukakan sikap dan tindakan mengenai hubungan Indonesia dengan negara-negara lain dalam masalah politik, ekonomi, sosial, dan budaya. |
NILAI | INDIKATOR |
Cinta tanah air: Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. | Mengemukakan sikap mengenai kondisi geografis Indonesia. |
Mengemukakan sikap dan kepedulian terhadap keberagaman budaya dan seni di Indonesia. | |
Mengemukakan sikap dan kepedulian terhadap kekayaan budaya bangsa Indonesia. | |
Rasa bangga dan peduli terhadap berbagai unggulan produk Indonesia dalam pertanian, perikanan, flora, dan fauna. | |
Rasa bangga atas berbagai produk unggulan bangsa Indonesia di bidang industri dan teknologi. |
NILAI | INDIKATOR |
Menghargai prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain. | Rajin belajar untuk berprestasi tinggi. |
Berlatih keras untuk menjadi pemenang dalam berbagai kegiatan olah raga dan kesenian di sekolah. | |
Menghargai kerja keras guru, kepala sekolah, dan personalia lainnya. | |
Menghargai upaya orangtua untuk mengembangkan berbagai potensi dirinya melalui pendidikan dan kegiatan lain. | |
Menghargai hasil kerja pemimpin dalam mensejahteraan kesejahteraan masyarakat dan bangsa. | |
Menghargai temuan-temuan yang telah dihasilkan manusia dalam bidang ilmu, teknologi, sosial, budaya, dan seni. |
NILAI | INDIKATOR |
Bersahabat/ komunikatif: Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain | Memberikan pendapat dalam kerja kelompok di kelas. |
Memberi dan mendengarkan pendapat dalam diskusi kelas. | |
Aktif dalam kegiatan sosial dan budaya kelas. | |
Aktif dalam kegiatan organisasi di sekolah. | |
Aktif dalam kegiatan sosial dan budaya sekolah. | |
Berbicara dengan guru, kepala sekolah, dan personalia sekolah lainnya. |
NILAI | INDIKATOR |
Cinta damai: Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. | Ikut serta dalam berbagai kegiatan cinta damai. |
Berkomunikasi dengan teman-teman setanah air. | |
Ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan sekolah. |
NILAI | INDIKATOR |
Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. | Membaca buku atau tulisan keilmuan, sastra, seni, budaya, teknologi, dan humaniora. Membaca buku atau tulisan tentang alam, sosial, budaya, seni, dan teknologi. Membaca koran. |
NILAI | INDIKATOR |
Peduli sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. | Merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan sosial. Menghormati petugas-petugas sekolah. Membantu teman yang sedang memerlukan bantuan. Menyumbang darah. |
NILAI | INDIKATOR |
Peduli lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. | Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan. |
NILAI | INDIKATOR |
Tanggung jawab Sikap dan tindakan yang dilakukan selalu berupaya untuk dapat dipergunakan dan dapat dipertanggungjawabkan | Merencanakan dan melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat dipertanggungjawabkan serta bermanfaat |
Siklus Belajar:
1. Tahap Eksplorasi: siswa diberikan kesempatan untuk bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil tanpa pengajaran langsung dari guru untuk menguji prediksi, melakukan dan mencatat pengamatan serta ide-ide melalui kegiatan pratikun dan telaah literature
2. Tahap Elaborasi: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dalam /tentang topic/materi yang dipelajari
3. Konfirmasi: siswa mendapat penguatan dari berbagai sumber sehingga siswa tahu mana yang benar/salah dan dapat membuat kesimpulan akhir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar