DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL PERUMUSAN
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
|
|
Keterangan :
- Satu kata kerja tertentu (misal : mendefenisikan) dapat dipakai pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Perbedaannya adalah pada Standar Kompetensi cakupannya lebih luas dari Kompetensi Dasar.
- Satu butir Kompetensi dapat dipecah menjadi 3 sampai 6 butir atau lebih Kompetensi Dasar.
- Satu butir Kompetensi Dasar nantinya harus dapat dipecah menjadi minimal 2 butir indikator (paling tidak 2 butir indikator).
- Pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar belum memuat/merupakan indikator.
DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL RANAH KOGNITIF
Pengetahuan | Pemahaman | Penerapan | Analisis | Sintesis | Penilaian/Evaluasi |
Mengutip Menyebutkan Menjelaskan Menggambar Mengidentifikasi Mendaftar Menunjukan Memberi label Memberi indek Memasangkan Menamai Menandai Membaca Menyadari Menghafal Meniru Mencatat Mengulang Mereproduksi Meninjau Memilih Menyatakan Mempelajari Mentabulasi Memberi kode Menelusuri | Memperkirakan Menjelaskan Mengkatagorikan Mencirikan Merinci Mengasosiasikan Membandingkan Menghitung Mengkontraskan Mengubah Mempertahankan Menguraikan Menjalin Membedakan Mendiskusikan Menggali Mencontohkan Menerangkan Mengemukakan Mempolakan Memperluas Menyimpulkan Meramalkan Merangkum Menjabarkan | Menugaskan Mengurutkan Menentukan Menerapkan Menyesuaikan Mengkalkulasi Memodifikasi Menghitung Membangun Mengurutkan Membiasakan Mencegah Menentukan Menggambarkan Menggunakan Menilai Melatih Menggali Mengemukakan Mengadaptasi Menyelidiki Mengoperasikan Mempersoalkan Mengkonsepkan Melaksanakan Meramalkan | Menganalisis Mengaudit Memecah Menegaskan Mendeteksi Mendiagnosis Menyeleksi Memerinci Menominasikan Mendiagramkan Mengorelasikan Merasionalkan Menguji Mencerahkan Menjelajah Membagankan Menyimpulkan Menemukan Menelaah Memaksimalkan Memerintahkan Mengedit Mengaitkan Memilih Mengukur Melatih | Mengabstraksi Mengatur Menganimasi Mengumpulkan Mengkatagorikan Mengkode Mengombinasikan Menyusun Mengarang Membangun Menanggulangi Menghubungkan Menciptakan Mengkreasikan Mengoreksi Merancang Merencanakan Mendikte Meningkatkan Memperjelas Memfasilitasi Membentuk Merumuskan Menggeneralisasi Menggabungkan Memadukan | Membandingkan Menyimpulkan Menilai Mengarahkan Mengkritik Menimbang Memutuskan Memisahkan Memprediksi Memperjelas Menugaskan Menafsirkan Mempertahankan Memerinci Mengukur Merangkum Membuktikan Memvalidasi Mengetes Mendukung Memilih memproyeksi |
Menulis | Memproduksi Memproses Mengaitkan Mensimulasikan Memecahkan Melakukan Mentabulasi Menyusun Memproses Meramalkan | Mentransfer | Membatas Mereparasi Menampilkan Menyiapkan Mereproduksi Merangkum Merekonstruksi |
DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL RANAH PSIKOMOTORIK
Peniruan | Manipulasi | Pengalamiahan | Artikulasi |
|
|
|
|
DAFTAR KATA KERJA OPERASIONAL RANAH AFEKTIF
Menerima | Menanggapi | Menilai | Mengelola | Menghayati |
|
|
|
|
|
TELAAH BUTIR SOAL BERBENTUK URAIAN
Jenis Persyaratan | Nomor Soal | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | dst | |
A. Ranah Materi | |||||||
1. Butir soal sesui dengan indikator | v | v | v | ||||
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas | v | v | |||||
3. Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran | v | ||||||
4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas | v | ||||||
B. Ranah Konstruksi | |||||||
1. Rumusan kalimat dalam bentuk kalimat tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai. | v | v | v | ||||
2. Ada petunjuk yang jelas cara mengerjakan/menyelesaikan soal | v | v | |||||
3. Ada pedoman penskorannya | v | ||||||
4. Tabel, garfik, diagram, kasus, atau yang sejenisnya bermakna (jelas keterangganya atau ada hubungannya dengan masalah yang ditanyakan) | v | ||||||
5. Butir soal tidak bergantung pada butir soal sebelumnya | v | ||||||
C. Ranah Bahasa | |||||||
1. Rumusan kalimat komunikatif | v | v | v | ||||
2. Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya | v | v | |||||
3. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian | v | v | |||||
4. Menggunakan bahasa/kata yang umum (bukan bahasa lokal) | v | v | |||||
5. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik | v | v |
Keterangan
- Soal nomor 1, perlu dirumuskan kembali karena ruang lingkup pertanyaan dan jawaban tidak menunjukan batas-batas yang jelas, kurang memberi petunjuk cara mengerjakan, dan dapat menimbulkan penafsiran ganda dan salah makna.
- Soal nomor 2, sudah baik dan tidak memerlukan perbaikan
- Soal nomor 3, memerlukan tambahan penjelasan tentang cara mengerjakan.
TELAAH BUTIR SOAL BERBENTUK MELENGKAPI
Jenis Persyaratan | Nomor Soal | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | dst | |
A. Ranah Materi | |||||||
1. Butir soal sesui dengan indikator | v | v | v | ||||
2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas | v | v | |||||
3. Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran | v | v | v | ||||
4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas | v | ||||||
B. Ranah Konstruksi | |||||||
1. Rumusan kalimat dalam bentuk kalimat terbuka (yang belum lengkap) yang hanya memerlukan tambahan kata yang merupakan jawaban/kunci. | v | v | |||||
2. Butir soal tidak bergantung pada butir soal sebelumnya | v | v | v | ||||
C. Ranah Bahasa | |||||||
1. Rumusan kalimat komunikatif | v | v | v | ||||
2. Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya | v | v | |||||
3. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian | v | v | |||||
4. Menggunakan bahasa/kata yang umum (bukan bahasa lokal) | v | v | |||||
5. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik | v | v |
Keterangan
- Soal nomor 1, perlu dirumuskan kembali karena ruang lingkup pertanyaan dan jawaban tidak menunjukan batas-batas yang jelas.
- Soal nomor 2, sudah baik dan tidak memerlukan perbaikan
- Soal nomor 3, memerlukan perbaikan dalam bahasa.
TELAAH BUTIR SOAL BERBENTUK PILIHAN GANDA (Multiple Choice)
Jenis Persyaratan | Nomor Soal | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | dst | |
A. Ranah Materi | |||||||
1. Butir soal sesui dengan indikator | v | v | v | v | v | ||
2. Hanya ada satu kunci atau jawaban yang benar | v | v | v | v | v | ||
3. Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran | v | v | v | v | v | ||
4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas | v | v | v | v | v | ||
5. Pilihan benar-benar berfungsi, jika pilihan merupakan hasil perhitungan, maka pengecoh berupa pilihan yang salah rumus/salah hitung | v | v | v | v | v | ||
B. Ranah Konstruksi | |||||||
1. Pokok soal (stem) dirumuskan dengan jelas | v | v | v | v | v | ||
2. Rumusan soal dan pilihan dirumuskan dengan tegas | v | v | v | ||||
3. Pokok soal tidak memberikan petunjuk/mengarah kepada pilihan jawaban yang benar | v | v | v | ||||
4. Pokok soal tidak mengandung persyaratan negatif ganda | v | v | v | v | v | ||
5. Bila terpaksa menggunakan kata negatif, maka harus digaris bawahi atau dicetak lain | v | v | |||||
6. Pilihan jawaban homogen | v | v | |||||
7. Hindari adanya alternatif tanggapan :" seluruh jawaban di atas benar" atau tak satu jawaban di atas benar" dan yang sejenisnya. | v | v | v | v | v | ||
8. Pilihan jawaban dalam bentuk angka/waktu diurutkan | v | v | v | v | |||
9. Wana, gambar atau grafik benar-benar berfungsi | |||||||
10. Antar butir tidak bergantung satu sama lain | v | v | v | v | v | ||
C. Ranah Bahasa | |||||||
1. Rumusan kalimat komunikatif | v | v | v | v | |||
2. Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya | v | v | v | v | |||
3. Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian | v | v | v | v | |||
4. Menggunakan bahasa/kata yang umum (bukan bahasa lokal) | v | v | v | v | |||
5. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik | v | v | v | v | v |
Keterangan
- Soal nomor 1, perlu dirumuskan kembali karena ruang lingkup pertanyaan dan jawaban tidak menunjukan batas-batas yang jelas, kurang memberi petunjuk cara mengerjakan, dan dapat menimbulkan penafsiran ganda dan salah makna.
- Soal nomor 2, sudah baik dan tidak memerlukan perbaikan
- Soal nomor 3, memerlukan tambahan penjelasan tentang cara mengerjakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar